Thursday, June 7, 2012

Deja Vu ( Juventus = Italia. Italia = Juventus )

Deja Vu

Persiapan Timnas Italia untuk Piala Eropa 2012 (kembali) diganggu dengan adanya kasus judi bola atau yg lebih dikenal dengan “Scommessopoli”. Hal tersebut bukanlah yang pertama melanda sepakbola Italia, kejadian ini mengingatkan kembali bahwa Italia sudah pernah mengalami masa-masa negatif seperti ini dua kali, yaitu saat Piala Dunia 1982 dan Piala Dunia 2006, dan hebatnya Italia berhasil menjadi juara saat itu.

Yang pertama, saat kasus Totonero 1982, saat itu Sepak Bola Italia terguncang dengan kasus skandal pengaturan skor seperti yang terjadi saat ini. Kasus ini terungkap pada bulan Maret 1980. Kasus menyeret 5 klub Serie A dan 2 klub Serie B, diantaranya Avellino, Bologna, Lazio, Milan, Perugia, (Serie A) serta Taranto dan Palermo (Serie B). Akibatnya Milan dan Lazio degradasi ke Serie B, dan 5 klub lainnya mendapat pengurangan poin saat musim 1980/1981 dimulai. 20 pemain dan 2 pejabat klub diskors dan diberhentikan. Termasuk Paolo Rossi, yang saat itu memperkuat Perugia, harus menjalani skorsing selama 2 tahun, tapi Rossi tetap dipanggil ke Piala Dunia 1982, dan berhasil menjadi top scorer (6 gol) serta pemain terbaik turnamen serta membawa Italia juara Piala Dunia 1982.



Yang kedua, saat kasus Calciopoli 2006, saat itu skandal pengaturan pertandingan oleh wasit dan klub Serie A dan Serie B terungkap Mei 2006. Sejumlah klub seperti Juventus, Milan, Fiorentina, Lazio dan Reggina terlibat didalamnya. Lucianno Moggi yang tertuduh sebagai aktor utama mendapat hukuman terberat dengan larangan seumur hidup untuk terlibat dalam Sepak Bola Italia, Lebih parah lagi, Juventus menjadi korban, dengan kerampokan dua gelar scudetto, 2004/2005 dan 2005/2006 serta degradasi ke Serie B. Sementara klub yang lainnya mendapatkan hukuman berupa pengurangan poin. Sejumlah pemain dari Juventus, Milan, Fiorentina dan Lazio sedang menghadapi situasi yang tidak jelas karena sanksi yang akan dihadapin klubnya, disaat yang bersamaan mereka sedang mempersiapkan diri menghadapi Piala Dunia 2006. Dan ternyata ditengah guncangan tersebut, Italia justru berhasil menjadi juara Piala Dunia 2006.








Melihat kedua peristiwa tersebut, banyak orang yang menjagokan Italia di Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina dengan alasan karna setiap dunia persepakbolaan Italia terkena skandal dan Timnas Italia sedang mengikuti turnamen besar, saat itu pula mereka berhasil keluar sebagai juara.






Juventus = Italia, Italia = Juventus





Melihat sejarah, memang tak ada salahnya jika banyak pihak yang memprediksikan Italia akan keluar sebagai juara di Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina Juni nanti, karena memang setiap persepakbolaan Italia terkena skandal, saat itu pula mereka keluar sebagai juara, tapi ada satu fakta yang mungkin luput dari perhatian banyak pecinta bola di dunia, khususnya Italia. Fakta tersebut adalah Juventus merupakan kunci sukses atau gagalnya Timnas Italia, mungkin memang fakta ini tidak akan diterima oleh para fans klub-klub rival Juventus, tapi kenyataan itulah yang terjadi selama ini.

* Piala Dunia 1982

Pada lanjutan Seria 1981-1982 Juventus berhasil keluar sebagai Juara Serie A








Timnas Italia pun keluar sebagai juara dunia 1982 dengan skuad Juventus di dalamnya (

Dino Zoff, Antonio Cabrini, Claudio Gentile, Gaetano Scirea, Marco Tardelli, dan Paolo Rossi )






*Piala Dunia 2006

Di Tahun 2006 Juventus berhasil meraih scudetto yg ke 29





Dan lagi-lagi Timnas Italia meraih hasil serupa dengan kesuksesan Juventus, Italia berhasil menjadi juara dunia untuk ke 4 kalinya setelah mengalahkan Prancis dengan drama adu penalty. Di masa itu pemain juve mempunyai peran vital dalam membawa Italia menjadi juara dunia, mereka adalah Gianluigi Buffon, Fabio Cannavaro, Gianluca Zambrotta, Mauro Camoranesi, Alessandro Del Piero, Vicenzo Iaquinta.




*Piala Eropa 2010

 Tahun 2010 adalah tahun yang buruk bagi Juventus, bukan hanya harus puas finish di posisi 7 klasement akhir, dengan hasil tersebut Juventus pun harus rela jika mereka tidak dapat berlaga di laga Eropa.








Setali tiga uang dengan nasib Juventus, di Piala Dunia 2010 Timnas Italia harus kembali ke tanah Italia lebih awal, karena gagal bersaing dengan Paraguay, Slovakia, dan Selandia Baru. Parahnya, Italia harus rela menjadi juru kunci Grup F tanpa pernah meraih kemenangan.







*Piala Eropa 2012


Musim 2011-2012 nerupakan musim yang spektakuler bagi Juventini di seluruh dunia, pasalnya Juventus berhasil meraih scudetto ke 30 tanpa pernah mengalami kekalahan sekalipun, selain menjuarai liga Italia 2012, Juventus mempunyai kesempatan memenangkan 'double winner', sayangnya Juventus harus mengakui keunggulan Napoli 0-2 di partai final Coppa Italia.


Melihat fakta-fakta yang telah disebutkan dan juga melihat kesuksesan Juventus musim ini,mampukah Timnas Italia mengulang sukses di Piala Eropa 2012 yang akan  diselenggarakan di Polandia-Ukraina  9 Juni mendatang ? Terlebih di skuad Italia untuk Piala Eropa kini Juventus menjadi tim terbanyak menyumbangkan pemain untuk Timnas Italia dengan 7 pemain ( Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, Emenuelle Giaccherini, Andrea Pirlo, dan Claudio Marchisio).





Mampukah 7 pilar Juventus tersebut menularkan mental juara di skuad Italia untuk Piala Eropa nanti ?
Mampukah Cesarre Prandelli mengulang Deja Vu atas skandal yang melanda persepakbolaan Italia ?
Apakah benar 'Juventus = Italia, Italia = Juventus' ?

Kita lihat saja yang akan terjadi di Polandia-Ukraina nanti..

No comments:

Post a Comment